OLEH :
NI KETUT PUTRI HERLINA
DEWI
1115713098 / III B
D3 ADMINISTRASI BISNIS
POLITEKNIK
NEGERI BALI
BAB
I
1.
Topik : database bimbingan belajar
“NARAPUTRI”
2. Permasalahan
: Dewasa ini pendidikan tidak lagi mesti didapat didalam kelas, belajar tidak
mesti formal di dalam suasanan kelas. Tentunya siswa yang bersangkutan bisa
jadi belum memahami pelajaran yang diberikan oleh gurunya disekolah, hal itu
mungkin disebabkan oleh banyak factor, diantaranya siswa malu bertanya didapan
kelas atau siswa sulit berkonsentrasi didalam kelas. Akibatnya siswa menjadi
gampang stress untuk memahami pelajaran tersebut. Dan sekarang begitu banyak
lembaga-lembaga pendidikan non-formal yang bermunculan untuk membantu para
siswa. Salah satunya bimbingan belajar
“NARAPUTRI”. Dalam bimbel ini hanya khusus menangani masalah pelajaran
yang berhubungan dengan IPA (biologi, kimia, fisika, dan matematika). Namun
dalam perjalanannya bimbel “NARAPUTRI” ini menghadapi beberapa kendala,
diantaranya :
·
Pencatatan paket bimbel
·
Pencatatan peserta bimbel
·
Pencatatan tentor yang mengajar dibimbel
·
Pencatatan jadwal untuk para peserta
bimbel.
3. Design
Tabel
·
TABEL PAKET :
field
|
Type
|
width
|
keterangan
|
Id_paket
|
Text
|
5
|
Primary Key
|
Nama_paket
|
Text
|
30
|
|
Harga_paket
|
Currency
|
standard
|
·
TABEL PESERTA :
field
|
type
|
width
|
keterangan
|
Id_peserta
|
Text
|
5
|
Primary Key
|
Nama_peserta
|
Text
|
30
|
|
Alamat
|
Text
|
50
|
|
No_telppon
|
Text
|
12
|
·
TABEL TENTOR :
field
|
type
|
width
|
keterangan
|
Id_tentor
|
Text
|
5
|
Primary Key
|
Nama_tentor
|
Text
|
30
|
|
Id_paket
|
Text
|
5
|
|
alamat
|
Text
|
50
|
|
No_telpon
|
Text
|
12
|
|
Honor_tentor
|
Currency
|
standard
|
·
TABEL RUANGAN :
field
|
type
|
width
|
keterangan
|
Kode-ruangan
|
Text
|
5
|
Primary Key
|
Nama_ruangan
|
Text
|
15
|
|
kapasitas
|
Number
|
interger
|
·
TABEL JADWAL :
field
|
type
|
width
|
keterangan
|
Id_paket
|
Text
|
5
|
Foreign key
|
Id_peserta
|
Text
|
5
|
Foreign key
|
Id_tentor
|
Text
|
5
|
Foreign key
|
Kode_ruangan
|
Text
|
5
|
Foreign key
|
Hari
|
text
|
10
|
|
Jam
|
Date/time
|
short
|
|
Jumlah
|
Number
|
interger
|
4. Relasi
tabel
Dari tabel yang saya buat semuanya
memiliki hubungan (relationships)
TABEL PAKET
|
Id_paket **
|
Nama_paket
|
Harga_paket
|
TABEL
PESERTA
|
Id_peserta **
|
Nama_peserta
|
Alamat
|
No_telppon
|
TABEL RUANG
|
Kode-ruangan **
|
Nama_ruangan
|
kapasitas
|
TABEL
TENTOR
|
Id_tentor **
|
Nama_tentor
|
Id_paket
|
alamat
|
No_telpon
|
Honor_tentor
|
TABEL JADWAL
|
Id_paket
##
|
Id_peserta
##
|
Id_tentor
##
|
Kode_ruangan
##
|
Hari
|
Jam
|
Jumlah
|
5. RANCANGAN
FORM :
Ø FORM
PAKET
BIMBEL
“NARAPUTRI”
|
HARGA_PAKET :
|
NAMA_PAKET :
|
ID_PAKET :
|
NAMA : ………………………………………………………
ID_PESERTA : ……………………………………………………..
ALAMAT : ……………………………………………………..
NO. TELPON :
……………………………………………………..
|
Ø FORM
PESERTA
Ø FOF
FORM
TENTOR
:
………………………………………
:
………………………………………
: ………………………………………
|
FORM
RUANGAN
BIMBEL “NARAPUTRI”
|
FORM JADWAL
BIMBEL “NARAPUTRI”
|
BAB II
DATABASE BIMBINGAN
BELAJAR “NARAPUTRI”
A.
Informasi singkat database
Asal
Mula Istilah Database
Istilah
“database” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin
luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai
database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri
yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan
dengan bisnis.
Konsep Dasar Database
Konsep
dasar dari database adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan.
Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut
skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu database, dan hubungan di
antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau
memodelkan struktur database: ini dikenal
sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut
istilah yaitu mewakili semua
informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom
(definisi yang sebenarnya menggunakan
terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili
dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan
menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar
tabel.
Pengertian
Database
Database merupakan kumpulan data yang saling
berhubungan yang berisikan suatu informasi. Hubungan antar data dapat
ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam
satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama
bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam.
Satu record
(umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling
berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap
dan disimpan dalam satu record.
Adapun Struktur Database adalah:
Database
File/Table
Record
Elemen
data/FieldDari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai
beberapa kriteria penting, yaitu :
ð Bersifat data oriented dan bukan
program oriented.
ð Dapat digunakan oleh beberapa
program aplikasi tanpa perlu mengubah basis
datanya.
ð Dapat dikembangkan dengan mudah,
baik volume maupun strukturnya.
ð Dapat memenuhi kebutuhan
sistem-sistem baru secara mudah
ð Dapat digunakan dengan cara-cara
yang berbeda.
Prinsip utama Data Base adalah
pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan kecepatan pada saat
pengambilan data kembali. Adapun ciri-ciri basis data diantaranya adalah
sebagai berikut :
Ø Efisiensi meliputi kecepatan,
ukuran, dan ketepatan
Ø Data dalam jumlah besar.
Ø Berbagi Pakai (dipakai bersama
sama/Sharebility).
Ø Mengurangi bahkan menghilangkan
terjadinya duplikasi dan ketidakkonsistenan data.
v “Primary
Key” adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field
yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, / dengan
kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri
yang membedakan satu sama lainnya (unik).Primary Key berguna pada saat
menampilkan record hasil pencarian (searching), pengurutan (sorting), dan
berbagai operasi query lainnya. Dengan memilih primary key, proses pencarian,
pengurutan dan proses penampilan data dan lainnya berlangsung lebih cepat.
v “Foreign
key” adalah satu attribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke
induknya.
v Table
/ tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang
biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.
Tabel adalah tempat untuk menyimpan data yang telah diolah dan mempunyai tema
tersendiri. Contoh data pelanggan,data karyawan.
Tabel terdiri dari beberapa item
informasi sebagai berikut:
1.Field merupakan tempat data/informasi dalam kelompok
sejenis yang dimasukkan atau diinputkan pada bagaian kolom tabel.
2.Record merupakan kumpulan dari beberapa field yang
saling berhubungan yang tersimpan dalam bentuk baris pada tabel. Satu tabel
bisa terdiri dari beberapa record sekaligus.
3.Query adalah bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap
database,seperti menyunting, menampilkan dan menganalisis data dengan cara yang
lain-lain.
v Relasi tabel
Relasi adalah hubungan antara
tabel yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata. Relasi
merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan lainnya yang
mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata dan berfungsi untuk
mengatur mengatur operasi suatu database.
Dan
database yang saya buat ini merupakan database dari sebuah bimbingan belajar
“NARAPUTRI”. Dimana dalam database tersebut ada beberapa table-tabel yang
saling berhubungan satu sama lain yang berisi informasi. Semua bagian-bagian
akan dibahas mengenai database bimbel “NARAPUTRI” dari tampilan awalnya sebagai
berikut :
Gambar
1.Ini tampilan awal “Menu Switchboard dari database NARAPUTRI”
A.
Menu Switchboard ini adalah cara pembuatan menu program berupa tombol
menu yang dideklarasikan dengan tombol menu yang lain. Menu switchboard
sebenarnya hampir sama dalam pembuatan tombol macro, hanya saja menu
switchboard sedikit lebih menarik dan atraktif. Tujuan
dari dibuatnya menu ini adalah untuk mempermudah menemukan data-data penting
yang ada didalam database itu sendiri tanpa harus membuka setiap file-file yang
ada. Bisa dilihat dalam gambar tersebut ada “Menu Utama” yaitu sebuah menu yang
paling mendasar dari sebuah database dan dari menu utama tadi ada tiga bagian
submenu yang terdiri dari “Input Data”, “Cetak Laporan”, dan “Menu Keluar”.
Dari semua submenu yang ada satu sama lain memiliki kriteria dan data-data
berbeda yang tersimpan didalamnya. Untuk mengetahui submenu itu satu persatu
dan data apa yang disimpan, sebelumnya akan dijelaskan mengenai bagaimana cara
atau langkah-langlah pembuatan aplikasi switchboard dalam sebuah database.
Untuk itu perhatikan langkahnya dibawah ini :
A.1 Membuat Menu
Switchboard
Sebelum
bekerja dalam pembuatan switchboard, maka terlebih dahulu harus disiapkan
rancangan struktur tabel, form dan report. Misalkan dibuat file database sesuai
dengan yang kita punya, dan dari database tersebut harus memilliki dua Tabel Master atau boleh lebih kemudian
dibuat Form dan Report masing-masing
tabel tersebut.
Gambar
2. Contoh tabel paket dan struktur tabel paket
Gambar 3. Contoh tabel peserta dan struktur
tabel peserta
Gambar
4. Contoh form paket
Gambar
5. Contoh form peserta
Gambar
6. Contoh report paket
Gambar
7. Contoh report peserta
NB
: ini hanya sebagai contoh sebelum memasuki langkah pembuatan menu switchboard,
semua tabel, form, dan report diatas tidak harus sama percis seperti diatas.
Bisa digunakan tabel, form dan report seperti rancangan yang telah dibuat
sendiri.
ð Adapun
langkah selanjutnya sebagai berikut :
1. Buka
atau aktifkan semua file database
Gambar
8. Contoh buka file database
2.
Klik Tab Database Tools, maka keluar tampilan
sebagai berikut :
Gambar
9. Membuat Menu Switchboard
1.
Pilih dan Klik Switchboard Manager, maka akan muncul
tampilan berikut :
Gambar 10. Menu
Switchboard, langkah pertama
2.
Klik Yes, maka akan keluar tampilan berikut
:
Gambar 11.Menu
Switchboard setelah pilihan Yes
3.
Pilih Edit untuk mengganti tulisan Main Switchboard (Default) yang ada
pada kotak isian Switchboard name
menjadi Menu Utama, kemudian klik
tombol Close, akan keluar tampilan
berikut :
Gambar 12.
Mengganti Main Switchboard menjadi Menu Utama
4. Kemudian Klik tombol New, untuk membuat sub Menu
Utama, maka akan keluar tampilan berikut :
Gambar 13.
Tampilan kotak dialog Create New
5. Gantilah teks New Switchboard Page pada kotak
isian Switchboard Page Name menjadi Menu Input Data, sehingga
akan tampil :
Gambar 14.
Membuat Menu Input Data pada kotak dialog Create New
6. Klik tombol OK,
maka akan kembali ke tampilan Switchboard
Manager, sebagai berikut:
Gambar 15. Kembali pada tampilan Switchboard Manager
7. Kemudian klik tombol New, pada New Switchboard Page pada kotak
isian Switchboard Page Name untuk membuat Menu Cetak Laporan. Bila telah selesai klik tombol OK.
8. Untuk membuat Menu
Keluar dalam switchboard, langkah-langkahnya hampir sama dengan langkah
diatas.
9. Setalah semua menu sudah dibuat, maka kita akan
membuat submenu untuk tiap-tiap menu yang telah dibuat tadi ( Menu Input Data, Menu Cetak Laporan, dan Menu Keluar ) dan kita akan mengetahui
file-file apa saja yang tersimpan dalam submenu tersebut, adapun langkahnya
sebagai berikut :
10. Klik satu persatu menu tadi, pertama kita mulai dari
Menu Utama (Default)
11. Kemudian klik Edit,
maka akan muncul tampilan seperti ini
Gambar 16. Membuat
submenu input data
12. Kemudian Pada bagian Text,
ketiklah Input Data, pada bagian Command, biarkan Go to Switchboard, sedangkan pada bagian Switchboard, pada
panah kebawah pilih Menu
Input Data.
13. Lalu New,
maka akan muncul tampilan Edit
Switchboard Item
Gambar
17.Membuat Sub Menu Input Data
14.
Klik tombol OK, maka akan muncul tampilan Edit
Switchboard Page, seperti berikut :
Gambar 18. Setelah
Membuat Sub Menu Input Data
15.
Lalu klik New,
dengan cara yang sama lakukan untuk membuat sub Menu Cetak laporan dan sub Menu
Keluar, maka setelah ketiga sub menu dibuat akan keluar tampilan berikut :
Gambar 19. Tampilan Setelah Membuat ketiga Sub Menu
Setelah
semuanya selesai, maka sekarang kita akan membuat submenu untuk input data
paket, input data peserta sesuai dengan database yang telah dibuat dengan
langkah sebagai berikut :
16.
Setelah muncul Gambar 19 diatas
maka klik tombol Close, sehingga
kembali ke tampilan Switchboard Manager,
seperti berikut :
Gambar
20. Kembali ke Tampilan Switchboard
Manager
17. Klik Menu
Input Data, kemudian klik tombol Edit,
maka akan muncul tampilan berikut :
Gambar 21. Membuat submenu pada Menu Input Data
18.
Klik tombol New, maka akan muncul tampilan berikut :
Gambar 22.
Membuat submenu Input Data Paket
19. Pada kotak Text,
ketik Input Data Paket, pada kotak Command, pilih Open Form in Edit Mode. Sedangakan pada
kotak Form, pilih Paket.
20. Klik tombol
OK, maka kembali ke tampilan seperti
ini :
Gambar 23. Tampilan Edit Switchboard
21. Klik tombol New,
untuk membuat Input Data Peserta (caranya sama dengan pembuatan Input Data
Paket dan Kembali ke Menu Utama), maka setelah selesai klik tombol OK, maka kembali ke tampilan
seperti ini :
Gambar 24. Tampilan Edit Switchboard Page
22. Klik tombol Close,
maka akan tampilan seperti ini :
Gambar 25. Tampilan Switchboard Manager
Selanjutnya akan dibuat submenu Cetak Laporan Paket
dan Cetak Laporan Peserta pada Menu Cetak Laporan, dengan langkah-langkah
sebagai berikut :
23. Klik Menu
Cetak laporan
24.
Klik tombol Edit, lalu New dan akan
tampilan Edit Switchboard Item
berikut ini :
Gambar 26. Tampilan Edit Switchboard Item untuk membuat
submenu Cetak Laporan
25. Pada kotak isian bagian Text, ketik Cetak Laporan Paket,
bagian Command, pilih Open Report, dan bagian Report pilih Paket.
26. Klik OK.
27. Kemudian klik
New, untuk membuat Cetak Laporan
Peserta dan Kembali ke Menu Utama (caranya sama dengan Cetak Laporan Paket diatas).
28. Kalau sudah selesai klik tombol OK sehingga akan tampil berikut ini :
Gambar 27. Tampilan Edit Switchboard Page untuk Menu
Cetak Laporan
29. Klik tombol Close,
sehingga kembali ke Switchboard Manager, seperti berikut :
Gambar 28. Tampilan Switchboard Manager
Sekarang membuat submenu Keluar dari Program, dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
30. Klik Menu Keluar, kemudian klik tombol New, sehingga keluar tampilan Edit Switchboard Item, pada bagian Text,
ketik Keluar dari Program, pada
bagian Command, pilih Exit Application.
Gambar 29.
Membuat menu Keluar
31. Klik OK,
maka akan tampil berikut ini :
Gambar 30.
Tampilan Edit Switchboard Page
32. Klik tombol Close,
maka akan tampil seperti berikut ini “
Gambar 31. Tampilan Switchboard Manager
33. Klik tombol Close.
Maka tampilan akan muncul sebagai berikut :
Klik Switchboarddd
|
Gambar 32. Tampilan
Switchboard Items.
Demikian langkah-langkah pembuatan
“Switchboard” pada database. Dan dapat katakan dalam “Menu Input Data” data
yang terkandung didalamnya adalah data yang berupa form-form dari masing-masing
tabel yang dibuat. Fungsi dari form tersebut adalah untuk menginput suatu data
mentah yang nantinya akan ditampilkan menjadi sebuah informasi dalam bentuk
tabel. Sedangkan “Menu Cetak Laporan” berisikan report-report dari suatu
database, report tersebut berasal dari form-form yang sudah fixed. Dan menu
yang terakhir “Menu Keluar” merupakan aplikasi untuk meninggalkan database atau
ingin keluar dari database yang telah dibuat.
A.2 Cara Mengoperasikan Switchboard
Tadi sudah dijelaskan
mengenai langkah-langkah pembuatan menu switchboard yang panjang, sekarang akan
dibahas mengenai bagaimana mengoperasikan menu switchboard ini. Adapun caranya
sebagai berikut :
1. Aktifkan
ms. Access dan buka database yang telah dibuat
2. Pilih
switchboard items, kemudian klik switchboard
3. Maka
akan muncul tampilan awal menu switchboard seperti dibawah ini :
Gambar 33. Tampilan
awal switchboard
4.
Setelah
itu tentukan apa yang akan dicari (data apa yang diperlukan).
Sebagai contoh :
mencari data mengenai peserta bimbel “NARAPUTRI” langkahnya sebagai berikut :
Ø
Karena
kita mencari data peserta,jadi klik menu “Input Data”
Ø
Dan
dari awal kita menggunakan submenu untuk input data jadi pilih submenu yang
berjudul “ Input Data Peserta”
Gambar 34. Submenu
input data, “Input Data Peserta”
5. Maka akan muncul data yang kita
inginkan,
Gambar 35. Data peserta
yang dicari
6.
Jika
sudah selesai, tutup kembali form dengan mencari tanda “x” di pojok kanan from,
lalu pilih submenu “ Kembali Ke Menu
Utama”.
7.
Begitu
pula untuk mencari data yang lain. Namun bila ingin mencari data yang berupa
report, kita harus mencarinya dalam submenu “Cetak Laporan” lalu pilih sesuai dengan repot yang
diperlukan.misalnya perlu mencetak laporan jadwal jadi pilih submenu yang
berjudul “Cetak Laporan Jadwal”
Gambar 36. Tampilan
submenu cetak laporan,”Cetak Laporan Jadwal”
8.
Maka
akan didapat report jadwal, seperti pada gambar dibawah ini
Gambar 37. Data laporan jadwal
9.
Jika
sudah selesai, tutup kembali report dengan mencari tanda “x” di pojok kanan
report, lalu pilih submenu “ Kembali Ke
Menu Utama”.
10. Dan untuk keluar dari database
atau keluar dari ms.access dengan menggunakan menu switchboard, yang digunakan
adalah Menu Keluar.
Gambar 38. Tampilan
Menu Keluar.
11. Maka dengan sendirinya ms. Access
tertutup
12. Jadi dapat disimpulkan, untuk
mengimplementasikan menu switchboard tersebut cukup dengan mengklik menu-menu
yang ada untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dengan catatan harus
terlebih dahulu mengetahui data yang dicari dan dalam menu apa disimpan,selamat
mencoba.
B. Rincian
database Bimbingan Belajar “NARAPUTRI”
Database
Bimbel “NARAPUTRI” merupakan database yang berisikan file-file mengenai sebuah
bimbingan belajar yang bernama “NARAPUTRI” yang didalamnya terdapat informasi
untuk kelancaran administrasi dibimbingan belajar tersebut. Adapun rinciannya
sebagai berikut :
v Tabel
paket
v Tabel
peserta
v Tabel
tentor
v Tabel
ruangan
v Tabel
jadwal
Gambar
39. Rincian database bimbel “NARAPUTRI”
B.1
Penjelasan Masing-masing Tabel
Tabel
paket ini
merupakan sebuah tabel khusus yang berisikan informasi yang berupa paket-paket
yang tawarkan dibimbel ini, tabel tersebut menyimpan informasi berupa id paket,
nama paket, harga paket.
Gambar
40. Tampilan tabel paket
Sebelum tampilan tabel seperti diatas.
Pertama langkahnya harus membuat tabel dengan mengatur tiap-tiap fieldnya
dengan ketentuan pada rancangan tabel di bab 1. Agar tabel tersebut dapat
berisikan data, kita tidak bisa memasukkan langsung melalui tabelnya, tetapi
harus menggunakan lembar kerja lain yaitu lewat form. Form disini bertugas
untuk menginput data-data yang akan ditampilkan langsung ditampilkan ditabel
yang bersangkutan. Cara membuat form sebagai berikut :
1.
Buat tabel terlebih dahulu dan tutup
namun masih dalam ms. Access
2.
Klik tab Create lalu pilih menu From
3.
Maka sebuah form akan tercipta dengan
title yang sama dengan tabel yang dibuat.
Gambar 41. Tampilan
form
Dengan tampilan seperti
diatas, maka langkah selanjutnya adalah menginputkan data yang sudah disediakan
sebelumnya dengan. Setelah semua data dimasukan kemudian simpan dan tutup form
lalu double klik tabel yang bersangkutan, maka data yang diinputkan tadi akan
menjadi record dalam tabel itu sendiri. Untuk data yang benar-benar fixed atau
yang sudah dikoreksi maka kita memerlukan sebuah laporan yang berguna untuk
mengetahui perkembangan dari bimbel ini. Jadi kita memerlukan report agar lebih
mudah memahani informasi dari database yang dibuat. Report ini sangat
diperlukan untuk memudahkan membuat laporan dengan jumlah data yang banyak.
Adapun langkah pembuatan report dalam database adalah sebagai berikut :
1. Aktifkan
tabel yang akan dibuat reportnya
2.
Klik tab Create lalu pilih menu reports dan klik report wizard, maka akan muncul seperti dibawah ini
Gambar 42. Tampilan awal pembuatan report
3.
Pilih field-field dalam tabel yang akan
dibuat report dengan klik tanda ” >>” dalam kotak diatas dan pilih next.
4.
Maka
field yang dipindahkan akan berada dalam kolon sebelah kanan, seperti gambar
dibawah ini :
Gambar 43. Pembuatan report
5. Jika
kita ingin melakukan penggrupan dalam report untuk menggropkan field-filed yang
ada maka langkahnya sama klik field yang akan di grup, jika tidak pilih next.
Gambar 44. Langkah
grop dalam report
6. Untuk
selanjutnya jika hendak menggatur tampilan agar beberapa field muncul secara
asending atau desending klik field yang hendak di atur dan jika tidak klik next.
Gambar 45. Langkah
pembuatan report
7.
Untuk selanjutnya pengaturan layout
pilih sesuai keinginan dan klik next,
maka akan muncul sebagai berikut :
Gambar 46. Mengubah layout
8.
Dan untuk mengubah slyte report
pilih sesuai keinginan lalu next.
Gambar
47. Mengubah style report
9.
Langkah terakhir untuk member nama
pada report, setelah menberi nama lalu klik finish.
Gambar 48. Langkah terakhir
pembuatan report
10. Maka terciptalah sebuat report
yang siap dicetak.
Gambar 49. Tampilan
report
Untuk tabel-tabel yang lain isi
hampir sama dan pembahasannya juga hampir sama akan tetapi namanya mengikuti
tabel.
Tabel
peserta ini merupakan tabel yang
mengandung informasi dari data-data peserta yang telah terdaftar di bimbel ini,
dan fungsi dari tabel ini menyimpan informasi dari peserta itu sendiri yang
berupa id peserta, nama, alamat, no
telpon
Gambar 50. Tampilan tabel peserta
Tabel tentor ini
merupakan tabel yang khusus menyimpan informasi mengenai semua tentor
(pengajar) di bimbel ini. Tabel ini
dibuat untuk memudahkan menempatkan para tentor sesuai dengan bidang studi yang
digelutinya dan mengetahui tentor tetap yang mengajar di bimbel ini.
Gambar 51. Tampilan tabel tentor
Tabel ruang
ini merupakan tabel untuk mencatat ruang yang ada serta untuk mengetahui jumlah
kapasitas ruangan agar tidak terjadi benturan dengan ruang lain.
Gambar
51. Tampilan tabel ruang
Tabel jadwal ini
merupakan tabel kombinasi atau gabungan dari beberapa tabel sebelumnya karena
tabel ini juga ada beberapa field-fieldnya yang menjadi foreign key (kunci
tamu). Tabel jadwal ini berfungsi sebagai tabel yang memberikan suatu informasi
yang dapat membantu kelancaran administrasi baik dalam pengaturan jadwal bagi
peserta bimbel, tentor dan ruang yang akan digunakan oleh peserta bimbel itu
sendiri.
Gambar 52. Tampilan tabel jadwal
BAB
III
PENUTUP
A. Simpulan
Database merupakan kumpulan data yang saling
berhubungan.Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom
kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat
record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu
kumpulan entitas yang seragam.
Adapun Struktur Database adalah:
Database
File/Table
Record
Prinsip
utama Data Base adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan
kecepatan pada saat pengambilan data kembali.
B.
Saran
Untuk mata
kuliah ini saya merasa kesulitan dalam mengikuti karena sebelumnya tidak pernah
mendapatkan pelajaran ini atau bahkan mencobanya sendiri. Namun setelah
berkenalan tentang materi ini saya merasa senang bahkan terpacu untuk bisa
menguasainya lebih jauh dan untuk para pengajar materi ini agar bisa
menyampaikan dengan seru agar mahasiswanya tidak mengeluh. Untuk database yang
saya buat ini mungkin jauh dari kata sempurna, karena masih banyak kekurangan
dan masih harus belajar. Saya memilih membuat database Bimbingan Belajar ini,
karena pengalaman pribadi diwaktu sekolah dulu yang hampir tiap tahun mengikuti
bimbingan belajar.
Adapun Kelebihan database saya :
·
Mempermudah
melacak keberadaan peserta, tentor, ruang dan jadwal
·
Mempermudah
proses administrasi
·
Memperlancar
tersalurnya informasi yang berhubungan tentang bimbingan belajar.
Serta kelemahan database saya :
·
Hanya
membahas masalah administrasi kantor depan, seperti masalah peserta, tentor,
ruang dan jadwal. Sebenarnya masih banyak yang bisa digali dari kasus ini.
·
Masalah
pengambilan pelajaran telah diatur sebelumnya, sehingga tercipta tabel paket
dalam bimbel ini.
·
Gambaran
database saya mungkin terlalu umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar