Kamis, 16 Januari 2014

contoh business plan

RENCANA BISNIS
ES CETAR MEMBAHANA
USAHA DAGANG

JIMBARAN, 1 JANUARI 2013

OLEH :
NI MADE SENI PUSPA DEWI PUTRI
K. CHANDRA LAKSMI
NI KETUT PUTRI HERLINA DEWI


Jalan Uluwatu No. 9 Ungasan, Br. Giri Dharma.
                                                            Telp:          Puspa         (085792590021)
                                                                              Chandra    (085737392661)
                                                                              Putri          (081999259869)




BAB 1
PENDAHULUAN
I.                  Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan teknologi begitu pesatnya, jika kita tidak memanfaatkan hal tersebut sudah pasti kita akan ketinggalan jaman akan perkembangan teknologi tersebut. Begitu pula di Indonesia, ada beberapa hal yang unik yang gampang kita temui dalam dunia pergaulan, ada yang berupa gaya berpakaian, selalu mengikuti perkembangan teknologi dengan menggunakan berbagai gadget canggih seperti smartphone dan tablet serta yang tak kalah uniknya istilah-istilah yang di populerkan oleh salah satu artis Indonesia menjadi perbincangan dan menjadi budaya dalam mengutarakan sesuatu. Istilah-istilah tersebut adalah kata “sesuatu ya”,”cetar membahana” yang popular sejak penghujung tahun 2012 sampai saat ini.
Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Untuk musim panas biasanya di mulai dari bulan april sampai oktober sedangkan musim hujan di mulai dari bulan oktober sampai april. Namun, belakangan ini musim sulit terkendali, kadang-kadang panas terus tiba-tiba hujan begitu pula sebaliknya, udara panasnya pun terasa sangat ekstrim dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan kondisi alam tersebut kita tidak boleh menyerah dan terus mencari peluang untuk dapat menjalankan suatu bisnis. Awalnya hanya sekedar iseng untuk mencari suatu minuman penghilang haus setelah seharian berkeliling kota dengan teman-teman dan menemukan ide berwirausaha dengan memanfaatkan kondisi cuaca yang sangat panas ini, maka terciptalah suatu bisnis yang tidak melepaskan unsur pergaulan dengan mengkreasikan sebuah produk yang sudah ada menjadi sebuah produk yang baru.
Produk yang kami pilih adalah produk biasa dengan tambahan keistimewaan nama dengan menggunakan istilah-istilah yang lagi pupuler yaitu kata “cetar membahana” jadi terciptalah sebuah gagasan untuk nama dari produk es campur menjadi es cetar membahana.

BAB II
RENCANA BISNIS
A.      Deskripsi Usaha
Usaha yang kami jalani ini adalah usaha yang bergerak dalam usaha penjualan, untuk jenis usahanya kami menjual minuman yang kami beri nama es cetar membahana. Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh produk kami adalah dari segi rasanya sangat manis tanpa menggunakan pemanis buatan, dari segi tampilan sangat menarik karena ada macam-macam buah dan pelengkap lainnya, serta dari segi harganya sangat terjangkau di kalangan mahasiswa, kami juga sangat memperhatikan kebersihan agar es yang kami jual tidak mengandung bakteri atau penyakit agar tetap hygenis. Lokasi yang kami pilih adalah di Jalan Uluwatu No. 9 Ungasan, Br. Giri Dharma karena di daerah tersebut sangat ramai dan juga merupakan kawasan pelajar. Adapun tahan – tahan pengembangan usaha kami dalam 5 bulan terakhir sebagai berikut :

Kegiatan
Bulan
Sept
Okt
Nov
Des
Jan
Promosi
ü   
ü   



Penjualan
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
Kerja sama


ü   
ü   
ü   

B.      Rencana Pemasaran
                   Rencana pemasaran yang kami gunakan untuk memperkenalkan produk kami ada banyak cara, yaitu mulai dari cara tradisonal sampai cara modern antara lain : metode pemasaran dari mulut ke mulut, brosur, dan melalui media social. Wilayah pemasaran produk kami pastinya di lingkungan sekitar lokasi penjualan, di lingkungan jurusan administrasi niaga baik mahasiswa, dosen dan pegawai tak luput dari target konsumen es cetar membahana ini, kami berharap es ini bisa menembus pasaran Politeknik Negeri Bali. Namun, memulai suatu bisnis pastinya memiliki banyak pesaing. Kami akui pesaing diluar sana dengan produk yang hampir sama sangat banyak dan sangat ketat, karena bisa dikatakan bisnis es ini tidak sulit namum perlu adanya kreatifitas tinggi dari para produsennya sehingga kami yakin untuk memilih bisnis ini. Produk yang kami jual ini tidak terlalu mahal untuk kalangan mahasiswa, akan tetapi ada juga produk lain yang kami kembangkan dengan kisaran harga yang fantastic juga. Adapun teknik pemasaran kami menggunakan 7P, yaitu :
·         Product, Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan kualitas dan rasa
·         Price, Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah. Jadi produk kita dijual dengan harga 5.000/gelas.
·      Promotion, Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui Advertising (Iklan) yaitu brosur dan poster selain itu kami juga menggunakan strategi sales promotion, Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.
·      Placement, Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui pedagang perantara
·         People, Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
·         Process, Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.
·         Physical Evidence, Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih.


Selain strategi pemasaran di atas, kami juga analisis SWOT dalam mempromosikan produk kami seperti dibawah ini :

STRENGTHS
(Kekuatan)
WEAKNESSES
(Kelemahan)
OPPORTUNITIEAS
(Peluang)
THREATS
(Ancaman)
·         Harga murah
·         Rasa yang khas
·         Nama yang unik
·         Banyak pesaing
·         Belum berpengalaman dalam membuka usaha
di bidang kuliner
·         Belum memliki modal yang cukup
·         Banyaknya peminat es di kawasan Jimbaran
·         Es adalah minuman yang tidak pernah mati
·         Belum punya hak paten sehingga masih mungkin ditiru

C.      Rencana Produksi
                      Untuk memproduksi es cetar membahana ini tidak memerlukan bahan atau alat-alat yang rumit dan susah dicari, kami hanya mengandalkan peralatan rumah tangga dan bahan-bahan yang mudah ditemukan dipasaran serta hal yang terpenting kualitas dan harga bahannya terjangkau. Berikut ini adalah rincian dari produksi es cetar membahana :
A.    Bahan Baku :
·         Susu kental manis
·         Mutiara
·         Nata de coco
·         Jeli
·         Ice cube
·         Buah nangka
·         Buah semangka

B.     Alat dan teknologi :
·         Gelas plastic
·         Sendok bebek/plastic
C.     Proses Produksi :
·         Siapkan gelas plastic
·         Masukan beberapa ice cube ke dalam gelas
·         Masukan semua bahan baku ke dalam gelas tadi
·         Terakhir tuang susu kental manis diatasnya, lalu siap disajikan
D.    Kapasitas Produksi
Adapun rincian dari produksi yang kami lakukan adalah sebagai berikut :
BULAN
HARI/TANGGAL
JUMLAH
September 2013
Senin, 16
5   Gelas

Rabu, 18
7   Gelas

Kamis,19
5   Gelas

Rabu, 25
7   Gelas

Kamis, 26
10 Gelas

Jumat, 27
8   Gelas

TOTAL
42 Gelas 
Oktober  2013
Kamis, 3
10 Gelas

Selasa,8
10 Gelas

Kamis,10
8   Gelas

Senin14
9   Gelas

Rabu, 16
8   Gelas

Kamis,17
10 Gelas

Senin, 21
21 Gelas

Selasa, 22
20 Gelas

Senin, 28
25  Gelas

Selasa,29
22  Gelas

TOTAL
143 Gelas
November 2013
Senin, 4
25 Gelas

Selasa, 5
20 Gelas

Rabu, 6
18 Gelas

Kamis, 7
25 Gelas

Senin, 11
18 Gelas

Selasa, 12
22 Gelas

Rabu, 13
19 Gelas

Kamis, 14
20 Gelas

Senin, 18
20 Gelas

Selasa, 19
18 Gelas

Rabu, 20
18 Gelas

Kamis, 21
17 Gelas

Senin, 25
15 Gelas

Selasa, 26
20 Gelas

Rabu, 27
15 Gelas

Kamis, 28
20 Gelas

TOTAL
353 Gelas

D.      Rencana Manajemen
v  Bentuk Usaha
Usaha ini berbentuk Usaha Dagang. Usaha yang kami dirikan ini bernama  Warung Es Cetar. Perusahaaan kami tergolong usaha perseorangan.

v  Struktur organisasi
Agar usaha yang dijalankan menjadi usaha yang disiplin dan teratur maka kami susun sebuah  struktur organisasi untuk memperjelas tugas dari masing-masing anggota. Adapun Struktur dari perusahaan kami:
 








v  Jumlah tenaga kerja
Jumlah tenaga kerja yang kami miliki adalah 1 orang yang bekerja pada bagian produksi sebanyak  1 orang sekaligus merangkap sebagai marketing.



E.    Rencana keuangan
v  kebutuhan investasi dan modal
·         kebutuhan investasi
Investasi yang kami butuhkan diantaranya : kulkas, Termos, Toples, dan sendok
·         modal
Tekad untuk mendirkan sebuah usaha kecil-kecilan tumbuh karena modal yang dimiliki oleh penjual sendiri. Modal utama dari usaha ini ialah kemauan keras dari penjual, selain itu modal juga ada dalam bentuk materi. Usaha yang diciptakan pun disesuaikan dengan modal yang dimiliki tersebut merupakan modal dalam membeli produk-produk beserta sarana-sarana dalam membuka usaha dagang. Modal materi dalam membuka usaha ini mencapai Rp 300.000,00.

1.    Rencana laba rugi dan benefit/cost rasio
Laporan laba/rugi Bulan September 2013

Laporan Laba/Rugi
Warung Es Cetar
No.
Keterangan
Jumlah
Harga
TOTAL

Pemasukan



1.
Penjualan
42 gelas
Rp. 5.000
Rp. 210.000
TOTAL PEMASUKAN
Rp. 210.000

Pengeluaran



2.
Susu kental manis
4 puch
Rp. 8.200
Rp.     32.800
3.
Mutiara
5 bungkus
Rp. 1.800
Rp.     9.000
4.
Nata de coco
3 bungkus
Rp. 8.000
Rp.     24.000
5.
Jeli
2 bungkus
Rp. 2.200
Rp.     4.400
6.
Buah-buahan
3 bungkus
Rp.  5.000
Rp.     15.000
7.
Biaya Iklan
-
Rp. 10.000
Rp.      10.000
8.
Lain-lain
-
-
Rp       40.000
TOTAL PENGELUARAN
Rp. 135.200

v  Laba/Rugi = Pendapatan – pengeluaran
      = Rp. 210.000- Rp. 135.200
      = Rp 74.800
                                                Jadi, laba yang kami untuk 1 bulan adalah = Rp 74.800
v  Benefir Cost/Ratio = 
      =
    = Rp 1,55
Jadi, pendapatan yang di dapat selama 1 bulan adalah 1,55 kali total pengeluaran selama bulan September 2013

2. Laporan laba rugi dan benefit/cost ratio
Laporan Laba/Rugi bulan Oktober 2013

Laporan Laba/Rugi
Warung Es Cetar
No.
Keterangan
Jumlah
Harga
TOTAL

Pemasukan



1.
Penjualan
143 gelas
Rp. 5.000
Rp. 715.000
TOTAL PEMASUKAN
Rp. 715.000

Pengeluaran



2.
Susu kental manis
9 puch
Rp 8.200
Rp.  73.800
3.
Mutiara
10 bungkus
Rp. 1.800
Rp.  18.000
4.
Nata de coco
5 bungkus
Rp. 8.000
Rp.  40.000
5.
Jeli
4 bungkus
Rp. 2.200
Rp.   8.800
6.
Buah-buahan
4 bungkus
Rp.  5.000
Rp.  20.000
7.
Lain-lain
-
-
Rp   30.000
8.
Upah/gaji
1 orang
Rp 300.000
Rp  300.00
TOTAL PENGELUARAN
Rp. 490.600

v  Laba/Rugi = Pendapatan – pengeluaran
      = Rp. 715.000- Rp. 490.600
      = Rp 224.400,00
                                                Jadi, laba yang kami untuk 1 bulan adalah = Rp 224.400,00
v  Benefir Cost/Ratio = 
      =
    = Rp 1,45
Jadi, pendapatan yang di dapat selama 1 bulan adalah 1,45 kali total pengeluaran selama bulan Oktober 2013

3. Rencana laba rugi dan benefit/cost rasio
Laporan laba/rugi Bulan November 2013

Laporan Laba/Rugi
Warung Es Cetar
No.
Keterangan
Jumlah
Harga
TOTAL

Pemasukan



1.
Penjualan
353 gelas
Rp. 5.000
Rp. 1.765.000
TOTAL PEMASUKAN
Rp. 1.765.000

Pengeluaran



2.
Susu kental manis
15 puch
Rp. 8.200
Rp.   123.000
3.
Mutiara
16 bungkus
Rp. 1.800
Rp.     10.800
4.
Nata de coco
3 bungkus
Rp. 8.000
Rp.     28.800
5.
Jeli
10 bungkus
Rp. 2.200
Rp.     22.000
6.
Buah-buahan
6 bungkus
Rp.  5.000
Rp.     30.000
7.
Upah/Gaji
1 Orang
Rp. 300.000
Rp.   300.000
8.
Air dan Listrik
1 bulan
Rp. 50.000
Rp.   150.000
9.
Lain-lain
-
-
Rp      40.000
TOTAL PENGELUARAN
Rp.  704.600

v  Laba/Rugi = Pendapatan – pengeluaran
      = Rp. 1.765.000- Rp. 704.600
      = Rp 1.060.400,00
                                                Jadi, laba yang kami untuk 1 bulan adalah = Rp 1.060.400
v  Benefir Cost/Ratio = 
      =
    = Rp 2,5
Jadi, pendapatan yang di dapat selama 1 bulan adalah 2,5 kali total pengeluaran selama bulan November 2013

4. Target laba rugi dan benefit/cost ratio
     Target laba rugi untuk bulan Desember 2013 sampai Januari 2014

Laporan Laba/Rugi
Warung Es Cetar
No.
Keterangan
Jumlah
Harga
TOTAL

Pemasukan



1.
Penjualan
200 gelas
Rp. 5.000
Rp. 1.000.000
TOTAL PEMASUKAN
Rp. 1.000.000

Pengeluaran



2.
Susu kental manis
12 puch
Rp. 8.200
Rp.   98.4000
3.
Mutiara
11 bungkus
Rp. 1.800
Rp.    19.800
4.
Nata de coco
5 bungkus
Rp. 8.000
Rp.    40.000
5.
Jeli
10 bungkus
Rp. 2.200
Rp.    22.000
6.
Buah-buahan
6 bungkus
Rp.  5.000
Rp.     30.000
7.
Upah/Gaji
1 Orang
Rp. 300.000
Rp.   300.000
8.
Air dan Listrik
1 bulan
Rp. 50.000
Rp.   150.000
9.
Lain-lain
-
-
Rp      40.000
TOTAL PENGELUARAN
Rp.  700.200

v  Laba/Rugi = Pendapatan – pengeluaran
      = Rp. 1.000.000- Rp. 700.200
      = Rp 299.800,00
                                                Jadi, laba yang kami untuk 1 bulan adalah = Rp 299.800,00
v  Benefir Cost/Ratio = 
      =
    = Rp 1,42
Jadi, pendapatan yang di dapat selama 1 bulan adalah 1,42  kali total pengeluaran selama bulan Desember 2013 sampai Januari 2014






BAB III
PENUTUP

1.      Keyakinan
Dari business plan yang kami buat, kami berkeyakinan bisnis yang kami jalani bisa meraih sukses untuk kedepannya. Karena kami telah dibekali ilmu kewirausahan yang akan menghidupi bisnis kmi ini. Selain itu dari bisnis ini kami bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di sekitar tempat usaha kami.
2.      Harapan
Harapan kami untuk kedepannya agar usaha yang kami jalankan ini bisa menguasai pasar dan bisa menjadi bisnis waralaba seperti es teller 77, sehingga banyak bermunculan para usahawan muda serta usaha kami bisa bersaing dengan produk sejenis lainnya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar